Berita Lokal

Sekdes dan Operator Desa Kopandakan II Ikuti Bimtek Pemutakhiran Data IDM 2024 Berbasis SDGs

03 Juni 2024
Julvan Modeong
Dibaca 12 Kali
Sekdes dan Operator Desa Kopandakan II Ikuti Bimtek Pemutakhiran Data IDM 2024 Berbasis SDGs

Kopandakan II - Sekretaris Desa (Sekdes) Kopandakan II dan Operator Desa Kopandakan II berpartisipasi dalam bimbingan teknis (bimtek) pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 berbasis Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari di Sutan Raja Hotel, Kotamobagu, dan diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Lolayan.

Acara tersebut dibuka oleh Camat Lolayan, Bapak Faisal M. Manoppo, S.Pd, yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada para kepala desa (sangadi) yang konsisten dan tepat waktu hadir dalam kegiatan. Faisal Manoppo mengapresiasi dedikasi para perangkat desa dalam mendukung program pembangunan desa termasuk mengikuti kegiatan penginputan ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Bapak Abdulsalam Bonde, turut hadir dan memberikan pemaparan yang inspiratif. Dalam sambutannya, Abdussalam Bonde mengajak semua desa untuk berupaya meningkatkan status IDM mereka menjadi desa mandiri. Ia menekankan bahwa status desa mandiri akan memperbaiki proses dan kualitas kehidupan di desa.

"Bimbingan teknis ini adalah langkah krusial untuk memastikan data IDM yang akurat dan sesuai dengan pencapaian SDGs. Kami berharap, melalui kegiatan ini, desa-desa dapat memahami dan menerapkan strategi yang efektif untuk mencapai status desa mandiri. Selain itu, kami juga mendorong desa-desa untuk berpartisipasi dalam lomba desa dan kelurahan, dengan harapan ada desa dari Kecamatan Lolayan yang bisa bersaing di tingkat nasional. Tentunya, semua upaya ini harus disesuaikan dengan kondisi sebenarnya di desa," ujar Abdussalam Bonde.

Kegiatan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam pengelolaan data IDM. Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan status IDM desa-desa di Kecamatan Lolayan, termasuk Desa Kopandakan II. Dengan pemutakhiran data yang baik dan partisipasi aktif dalam lomba desa, diharapkan desa-desa tersebut dapat berkontribusi signifikan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh pemerintah.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image